Kemurahan hati Anda mengubah masa depan mereka

Semua orang tahu bahwa pendidikan sangatlah penting bagi setiap individu, untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan bahkan kejelasan akan masa depan, bahkan dapat meningkatkan derajat dan martabat seseorang di dalam masyarakat. Namun kemiskinan seringkali merupakan tantangan yang menghadang dan membelenggu proses belajar mengajar di dalam masyarakat. Program Ayo Sekolah – Ayo Kuliah dirancang untuk membantu anak-anak yang belum bisa mengikuti pendidikan di bangku sekolah atau bangku kuliah di universitas maupun perguruan tinggi dengan alasan kesulitan ekonomi.

 

Empat tahun silam paroki St Thomas Rasul menangkap realitas ini bahwa pendidikan wajib dimiliki oleh umat paroki tersebut. Sekelompok umat paroki yang berkehendak baik membentuk sebuah komunitas dibawah pimpinan Bapak Yanto Wibisono dengan program Ayo Sekolah Ayo Kuliah untuk menjawab tantangan iman bagi umat sebagai murid-murid Kristus.

 

Saat ini Keuskupan Agung Jakarta memiliki 7 Paroki yang sudah menjalankan program Ayo Sekolah – Ayo Kuliah yaitu: Paroki Bojong Gereja St. Thomas Rasul, Gereja Maria Kusuma Karmel – Meruya, Gereja St. Paskalis - Cempaka Putih, Paroki St. Ignatius Jalan Malang, Paroki St Lukas – Sunter, St. Regina Caeli – PIK, Paroki St Philipus Rasul – Teluk Gong.

 

Program Ayo Sekolah – Ayo Kuliah sangat disarankan oleh Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), sesuai dengan Arah Dasar Pastoral KAJ thn 2011-2015, dengan visinya menjadi umat Allah yang semakin memperdalam imannya, membangun persaudaraan sejati dan terlibat dalam pelayanan kasih di tengah masyarakat atas dorongan dan tuntunan Roh Kudus.

 

Pastor Paroki Tomang melihat bahwa program Ayo Sekolah – Ayo Kuliah yang disingkat dengan ASAK ini sangatlah baik, dilaksanakan dengan sistem dan mekanisme teruji, transparan dan dapat melibatkan banyak orang yang ingin berbagi dalam pelayanan untuk membangun persaudaraan sejati. Dalam hal ini Pastor Paroki sebagai Ketua Dewan Paroki telah mengangkat Mario Dedy Rochimat sebagai ketua Program Ayo Sekolah – Ayo Kuliah untuk periode tahun 2011-2014.

 

Program Ayo Sekolah – Ayo Kuliah di Paroki Tomang – mulai disiapkan, susunan pengurus sudah dibentuk, semoga seluruh pengurus dapat bekerja maksimal dan dapat menjalankan program ini dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan bagi umat paroki yang belum menikmati pendidikan mulai SD sampai jenjang pendidikan yang lebih tinggi bagi putra-putrinya.

 

Dengan dukungan seluruh umat, uluran tangan para dermawan dan kepedulian para donatur, akan menjawab tantangan iman atas kemiskinan yang membelenggu pendidikan umat di paroki. Jika program Ayo Sekolah Ayo Kuliah dianggap sebagai suatu gerakan berbagi kasih, maka memasuki masa adven ini adalah saat yang tepat untuk melakukan gerakan awal untuk mewujudkan visi supaya tidak ada seorang anak pun di Paroki Tomang yang tidak dapat bersekolah karena keterbatasan biaya.

 

Ditulis oleh Linus Ligo (24 November 2011)