Hari Minggu, 1 Juli 2018 Ruang Leonardus Paroki Tomang Gereja MBK ramai dikunjungi oleh orang tua anak ASAK. Tidak hanya untuk mengambil bantuan, tetapi untuk melakukan daftar ulang di tahun ajaran baru.

Proses daftar ulang Ayo Sekolah di ASAK MBK tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengapa? Setelah mempelajari rutinitas dan alur daftar ulang selama 5 tahun berjalan, ASAK MBK mendapati suatu pola untuk membantu mempercepat proses administrasi, baik untuk tim Ayo Sekolah, maupun untuk tim sekretariat dalam menyimpan database dan membuat surat-surat keputusan. Daftar ulang yang dilakukan pada Minggu, 1 Juli 2018 ini bukanlah pertemuan pertama. Di hari Sabtu dan Minggu, 9-10 Juni 2018, ASAK MBK sudah membuka kantornya khusus untuk melakukan daftar ulang Ayo Sekolah, terutama untuk anak-anak dari sekolah swasta yang sudah menerima rapor. Oleh karena sekolah negeri dan beberapa sekolah swasta yang baru terima rapor di akhir Juni, pendaftaran ulang untuk yang menerima rapor di akhir Juni dilakukan di bulan Juli 2018.

Untuk kelengkapan administrasi daftar ulang, pengurus ASAK MBK membutuhkan kelengkapan berkas administrasi:
1. Formulir Daftar Ulang Ayo Sekolah ASAK MBK (Versi Revisi Maret 2018)
2. Rapor ASLI atau rapor yang sudah dicap legalisir dari sekolah. Berkas ini diperlukan untuk mengetahui kebenaran nilai rapor anak ASAK.
3. Bukti lunas SPP dan biaya-biaya sekolah di tahun ajaran sebelumnya (Tahun ajaran 2017/2018). Berkas ini diperlukan untuk mengetahui kewajiban orang tua/keluarga anak ASAK, apakah sudah melunasi bagian yang menjadi tanggung jawab keluarga anak ASAK.
4. Bukti biaya kebutuhan untuk tahun ajaran yang akan datang (2018/2019) dari sekolah (Biaya SPP, uang buku, uang kegiatan, uang seragam, dan kebutuhan lainnya yang diminta oleh sekolah untuk dibayarkan oleh anak). Jika tidak ada kelengkapan berkas ini, mau minta biaya untuk apa?

Untuk melakukan verifikasi kelengkapan data tersebut bukanlah hal yang mudah dan cepat, karena pengurus ASAK harus mengecek keaslian dan kelengkapan data satu per satu.
Selain itu, untuk mendukung administrasi ASAK KAJ, dalam proses daftar ulang ini, nilai rapor langsung di-scan, supaya bisa diupload dalam program database ASAK KAJ.

Beruntung ASAK MBK memiliki anak-anak Ayo Kuliah yang siap dan sigap membantu proses daftar ulang untuk adik-adik mereka di Ayo Sekolah (foto terlampir).
Anak-anak Ayo Kuliah MBK membantu dalam proses verifikasi kelengkapan berkas awal, scan nilai rapor, dan serah terima kelengkapan berkas untuk diputuskan bantuannya oleh tim Ayo Sekolah.

Special Thanks to Anak Kuliah: Wylliam Wijaya, Lidiya, Teguh Sadewo, Teodorus Septio Bala Karang, Renata Yosi Anna Bella, Anastasia Juniar, dan alumni Ayo Kuliah: Bregita Santhini, Stanley, Cornelius Aditya yang sudah bersedia bangun pagi-pagi di hari-hari libur yang cerah untuk membantu adik-adik Ayo Sekolah. Semangat gaes, masih ada 1 pertemuan lagi.

-admin-