DATA ANAK ASAK MKK per ! Mei 2016


Sejak Juni 2010 ASAK Paroki Maria Kusuma Karmel ambil bagian dalam karya pelayanan di bawah seksi PSE (2010 – 2013) dan seksi Pendidikan (2014 – hingga sekarang). ASAK MKK juga dikenal dengan nama GOTA (Gerakan Orang Tua Asuh).

Pada awal pelayanannya, GOTA-ASAK MKK memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak santun mulai dari TK – SMA. Juni 2014 GOTA-ASAK meluncurkan program Ayo Kuliah dan menghentikan bantuan untuk anak-anak TK. Selain itu, GOTA-ASAK MKK juga memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus yang sekolah di SLB (Sekolah Luar Biasa).

GOTA-ASAK MKK telah memberikan bantuan pendidikan kepada 414 anak, 54% adalah anak-anak dari umat paroki MKK yang secara ekonomi kurang mampu dan 46% adalah anak-anak Katolik dari keluarga marjinal/tersisihkan yang tinggal di beberapa daerah miskin di Sumbul dan Pematang Siantar (Sumatera Utara), Bayat (Klaten), Kalipare (Malang, Jawa Timur), Malo’o (Maumere, NTT), Maubessi (Timor Timur Utara, NTT), Merauke (Papua).

Mulai tahun ini GOTA-ASAK MKK mulai turut ambil bagian dalam karya sie Panggilan dengan memberikan bantuan kepada anak-anak yang menempuh pendidikan di seminari menengah. Mulai tahun ajaran 2016/2017 sudah ada 9 anak yang disetujui untuk mendapatkan bantuan pendidikan.