ASAK melibatkan bukan hanya anak-anak santun yang dibantu, tapi juga keluarganya dan juga para penyantun dan pengurusnya baik di tingkat paroki maupun di tingkat lingkungan. ASAK bukan hanya bantuan dana saja, lebih dari itu adalah keterlibatan para pelaku yang terlibat. Ini adalah sebuah gerakan CINTA KASIH, sebuah bentuk nyata dari semangat mari berbagi.

Mimpi ASAK adalah agar anak-anak kaum papa yang adalah kaum muda kita yang hidupnya kurang beruntung namun adalah bagian dari masa depan Gereja dan Bangsa kita itu bisa lulus SMA/SMK dengan baik atau bahkan menjadi Sarjana Ekonomi,  Sajana Hukum, Sarjana Farmasi, dll.  Lalu mereka bisa bekerja dengan baik, sehingga kehidupannya menjadi lebih layak. Kemudian mereka bisa mencari tempat tinggal yang lebih baik untuk dirinya dan keluarganya. Dan yang terpenting, mereka bisa merasakan Kasih yang didapat dan bersyukur pada Tuhan. Episode berikutnya adalah:  supaya anak-anak santun tersebut bisa menularkan KASIH yang pernah mereka dapatkan kepada yang sesama yang membutuhkan, sehingga KASIH yang para penyantun telah berikan kepada mereka tidak akan sia-sia.

 

Menindaklanjuti mandat dari Pengurus Dewan Paroki/Pengurus Gereja dan Dana Papa Paroki St. Yoseph Matraman melalui Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) yang diserahkan kepada Tim Kerja Gerakan AYO SEKOLAH AYO KULIAH Paroki St. Yoseph Matraman, maka kami memberanikan diri untuk menyelenggarakan acara peluncuran Gerakan AYO SEKOLAH AYO KULIAH di Paroki St. Yoseph Matraman pada tanggal 27-28 April 2013 yang lalu. Peluncuran Gerakan AYO SEKOLAH AYO KULIAH didukung oleh Romo Kepala Paroki Rm. Dominikus Beda Udjan, SVD, Rm. Josep Susanto, Pr, Rm. Edi Mulyono, SJ dan acara puncak oleh Rm. Yohanes Subagyo, Pr sebagai Vikaris Jendral KAJ.

 

Tidak terasa Gerakan AYO SEKOLAH AYO KULIAH di Paroki kami sudah berjalan hampir 2 tahun. Sampai saat ini sudah terdapat 59 anak santun yang tersebar di 24 lingkungan di wilayah Paroki Matraman. Ke 59 anak tersebut terdiri dari :

 

- TK         = 1 anak 

- SD         = 18 anak 

- SMP = 13 anak 

- SMU/SMK = 18 anak 

- Universitas = 9 anak (3 anak kuliah di Kalbis Institute, 3 anak kuliah di UNIKA Atma Jaya, 1 anak kuliah di Universitas Gunadarma, 2 anak di Akademi)

 

Seluruh anak santun kami terdiri dari berbagai macam latar belakang keluarga, ada yang ayahnya bekerja sebagai tukang bakso keliling, satpam, pedagang kaki lima, tukang tambal ban, pensiunan guru dan beberapa anak santun kami adalah anak Yatim, anak Piatu maupun anak Yatim Piatu.

 

Selain membantu anak santun dalam hal biaya pendidikan, kami juga membimbing mereka agar turut berperan aktif didalam kegiatan Gereja, bisa terlihat beberapa anak santun terlibat didalam kegiatan Putra Putri Altar, Kursus Bahasa Inggris, Kursus Matematika dan kegiatan Seksi Kepemudaan. Kegiatan ini berguna untuk membentuk karakter dan pengembangan diri sehingga mereka dapat bersosialisasi dengan baik karena mereka adalah masa depan Gereja.

 

Tentunya Gerakan AYO SEKOLAH AYO KULIAH di Paroki kami ini dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dari Romo Paroki beserta Dewan Paroki, Seksi PSE, Seksi Pendidikan dan tentunya berkat komitmen dan dukungan dari para penyantun yang tetap setia mendukung Gerakan AYO SEKOLAH AYO KULIAH di Paroki kami sampai saat ini. Semoga semangat berbela rasa, komitmen dan dukungan dari para penyantun dapat memotivasi keluarga dan khususnya anak-anak santun Gerakan AYO SEKOLAH AYO KULIAH sehingga suatu saat nanti mereka pun dapat membantu keluarga dan anak-anak lainnya.

 

Mengingat masih banyak anak lain yang membutuhkan uluran tangan agar mereka dapat melanjutkan pendidikan,  bagi  siapa saja yang masih ingin berbagi, dapat diwujudkan sebagai:

 

• Penyantun/Orang Tua Asuh (OTA), yaitu mereka yang memberikan sumbangan rutin selama minimal 1 tahun ajaran. Sumbangan rutin ini akan kami pergunakan sebagai bantuan                         pembayaran SPP anak santun setiap bulannya.

 

• Donatur, yakni mereka yang memberikan sumbangan insidental/sewaktu-waktu. Sumbangan insidental/sewaktu-waktu ini akan kami pergunakan untuk bantuan uang pangkal, uang masuk           kuliah, uang buku, uang seragam dan bantuan pendidikan lainnya.

 

Seluruh penerimaan dana, baik tunai maupun melalui transfer, akan ditampung dalam Rekening PGDP St. Yoseph Matraman, atas nama Pastor Kepala Paroki dan Bendahara I PGDP Paroki St. Yoseph Matraman:

 

Rekening BCA cabang Matraman, A/C # 342-32-50-565 a/n Dominikus Beda Ujan dan Ita Laksita