Bapak,Ibu,Saudara,Saudari umat Paroki terkasih, saat kami melakukan survey kepada sebuah keluarga yang merupakan umat Paroki Matraman, kami terkejut oleh kondisi keluarga tersebut. Mereka tinggal bertiga di sebuah rumah yang hanya berukuran 4×6 meter persegi yang menurut kami sudah tidak layak untuk dihuni karena kelapukannya. Keadaan ini sangatlah bertolak belakang dengan kenyataan kehidupan kita sehari-hari, kita bisa tidur dengan nyenyak diatas kasur yang empuk sedangkan keluarga ini hanya bisa tidur dilantai hanya dengan beralaskan selembar kain lapuk dan itu pun mereka harus berbagi tempat untuk mereka bertiga. Saat kami bertanya kepada seorang anak dari keluarga tersebut apa cita-cita-nya, anak tersebut menjawab dengan yakinnya, cita-citaku ingin menjadi seorang Dokter, agar bisa membantu orang sembuh dari penyakit.

Kita tidak bisa pungkiri kenyataan yang ada, bahwa di Paroki kita masih banyak keluarga-keluarga yang tergolong kurang mampu. Untuk bertahan hidup sehari-hari pun masih terasa berat, apalagi berpikir untuk masalah pendidikan.

Program Ayo Sekolah Ayo Kuliah menjangkau umat katolik, khususnya dari keluarga yang kurang mampu agar supaya anak-anak mereka dapat bersekolah dengan baik sehingga mereka dapat mengejar mimpi dan cita-citanya. Jenjang pendidikan yang mereka dapatkan dari program ini adalah mulai dari tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah umum dan perkuliahan.

Bila umat yang tergerak hatinya untuk berbagi dan terlibat didalam program ini, kami telah sediakan 2 sarana :

1. Sebagai Penyantun atau Orang Tua Asuh, dengan pilihan sebagai berikut :

- Rp. 200.000,-/bulan selama satu tahun ajaran sekolah untuk membiayai 1 orang anak santun di tingkat TK/SD/SMP/SMU
- Rp. 400.000,-/bulan untuk membiayai 1 orang anak santun yang sedang belajar di perguruan tinggi.

Dana tersebut akan kami pergunakan untuk pembayaran SPP anak-anak setiap bulannya. Umat dipersilahkan untuk memilih cara pembayarannya,bisa per 1/3/6/12 bulan.

2. Sebagai Donatur dengan memberikan sumbangan sejumlah uang yang nantinya akan kami pergunakan untuk bantuan uang pangkal, uang kegiatan, uang masuk kuliah, uang buku, uang seragam, uang ekstra kulikuler.

Akhir kata, saya teringat akan ucapan Romo James B. Reuter, SJ :

“Setiap kali Anda mencoba untuk membantu orang tidak mampu, Anda selalu mendapatkan kembali lebih dari yang apa yang Anda berikan. Anda akan belajar arti keberanian. Anda akan belajar arti pengorbanan. Anda melihat keindahan cinta. Di atas semua itu, Anda merasakan kekuatan yang datang dari iman dan harapan dan kepercayaan kepada ALLAH. Anda menyadari kekuatan doa”

Mari kita ikut terlibat secara langsung kedalam program ini dan mewujudkan mimpi dan cita-cita mereka.
Tuhan Memberkati

Bernardus Budy Sunartyo
Ketua Gerakan Ayo Sekolah Ayo Kuliah
Gereja Santo Yoseph – Paroki Matraman