Program Ayo Sekolah Ayo Kuliah Maria Bunda Karmel (ASAK MBK) adalah sebuah program khusus yang baru dilaksanakan pada tahun 2012 di Paroki Tomang, Gereja Maria Bunda Karmel. Program ini disarankan oleh Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), sesuai dengan Arah Dasar KAJ 2011-2015, dimana visinya adalah ”menjadi umat Allah yang semakin memperdalam imannya, membangun persaudaraan sejati dan terlibat dalam pelayanan kasih di tengah masyarakat atas dorongan dan tuntunan Roh kudus”.

 

Paroki Tomang Gereja Maria Bunda Karmel diharapkan dapat menjalankan program ASAK ini dengan harapan bahwa peserta didik yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan dapat menjangkau jumlah yang lebih banyak serta cakupan jenjang pendidikan sampai dengan Perguruan Tinggi atau pendidikan setara Perguruan Tinggi.

 

Ketua dan Dewan Paroki Tomang melihat bahwa program ASAK ini sangatlah baik, transparan dan dapat melibatkan banyak orang dalam pelayanan untuk membangun persaudaraan sejati. Adapun visi dari Ayo Sekolah Ayo Kuliah Paroki Tomang Gereja Maria Bunda Karmel ini adalah ”supaya tidak ada seorang anak pun di Paroki Tomang yang tidak dapat bersekolah karena keterbatasan biaya”, dengan memberikan kesempatan kepada umat yang tidak mampu untuk mendapatkan bantuan (santunan uang sekolah) dari umat yang mampu dengan segala administrasinya diurus oleh sebuah tim kecil yang dikelola di bawah Paroki.