Dalam puisinya I Lend This Child To You, Edgar A. Guest menyampaikan sebuah pesan indah berikut:

Aku akan pinjamkan bagimu untuk sesaat. Seorang anak milik-Ku, kata-Nya, Untuk kau cintai semasa ia hidup, dan untuk ditangisi saat ia meninggal. Mungkin selama enam atau tujuh tahun atau dua puluh dua atau tiga puluh. Tapi maukah kau – sampai Aku memanggilnya pulang – menjaganya untuk-Ku? Maukah engkau memberikan padanya seluruh kasihmu? Tanpa berpikir pekerjaan itu akan sia-sia………

Dalam puisi Edgar A. Guest di atas ada beberapa point penting yang patut digaris bawahi:

  • Anak adalah titipan atau anugerah Allah yang harus dijaga dan dirawat serta ditumbuhkembangkan selama “sesaat”. Saat itu ternyata dibatasi waktu. Maka bagaimana dalam sesaat ini kita bisa melakukan sesuatu untuk membantu menumbuhkembangkan mereka.
  • Maukah kita menjaga dan memberikan pada anak seluruh kasih kita? Pertanyaan ini mengandung di dalamnya sebuah tugas dan tanggung jawab.

 

Paroki Tomang Gereja MBK selama ini telah ambil bagian dalam kepedulian terhadap pendidikan anak melalui Seksi pendidikan. Paroki Tomang Gereja MBK terus berupaya menanggapi panggilan ini. Dalam rangka 40 tahun Paroki Tomang Gereja MBK mengungkapkan kepedulian tersebut melalui Program ASAK (Ayo Sekolah Ayo Kuliah). ASAK memiliki program yang lebih terinci dan dapat diakses oleh mereka yang berkepentingan.

 

Inilah tindak lanjut dan perkembangan yang diharapkan dapat menjadi gerakan kepedulian terhadap pendidikan anak-anak khususnya mereka yang kurang mampu.

 

Semoga melalui program ASAK ini, umat Paroki Tomang Gereja MBK semakin dapat membantu anak-anak dalam proses menjadi pribadi-pribadi yang semakin utuh. Dan sebagai Pastor paroki, kami mengajak dan mendorong agar umat MBK semakin mengembangkan kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan bantuan sesamanya, sehingga program ini dapat menjadi gerakan kepedulian bersama.

 

Apa yang bisa dilakukan oleh umat untuk mendukung Program ASAK ini? Setiap umat bisa ambil bagian dalam program ASAK ini antara lain dalam bentuk:

  • Berpartisipasi menjadi sukarelawan dalam bidang; perekrutan anak-anak yang membutuhkan bantuan pendidikan; pencarian dana; lobbying ke lembaga-lembaga pendidikan atau yang terkait; pengolahan data secara komputerisasi dan lain sebagainya
  • Menjadi donatur baik secara rutin maupun non rutin
  • Bantuan lainnya yang dibutuhkan program ASAK

 

Akhir kata semoga Tuhan memberkati segala niat baik, kepedulian dan memberkati kita semua.

 

Ditulis oleh Rm. Heribertus O.Carm (3 Desember 2011)