Gerakan ASAK Paroki St. Clara diluncurkan pada tanggal 18 Agustus 2014 bersamaan dengan perayaan ulang tahun paroki Santa Clara sebagai “Kado Ultah Paroki” bagi umat st Clara dari Sie Pendidikan. Oleh karena itu,  ASAK Paroki St. Clara merupakan gerakan milik umat Paroki Santa Clara,  dikoordinir oleh tim ASAK yang ditunjuk dan dilantik oleh Pastor Kepala Paroki Santa Clara. Tim ini bekerja mencari penyantun yang bersedia menyisihkan sejumlah uang untuk menyantuni anak-anak santun. Selain itu tim ASAK juga menjaring anak-anak santun dari Paroki Santa Clara melalui survei yang dilakukan untuk memastikan bahwa anak-anak santun memang merupakan umat Paroki Santa Clara yang layak dibantu.

Perlu disadari bahwa  ASAK merupakan gerakan bantuan pendidikan, bukan program beasiswa. Dengan mendapat bantuan pendidikan dari  ASAK, orang tua tidak boleh serta merta menyerahkan seluruh tanggung jawab pendidikan anak mereka kepada tim ASAK, tetapi tetap harus bertanggung jawab dan memikirkan pendidikan anak. Gerakan ASAK diharapkan dapat meringankan beban orang tua dalam menanggung biaya pendidikan anak, bukan mengambil alih beban tersebut.  

Anak yang dibantu pembiayaan pendidikan juga harus mempunyai komitmen, semangat, dan  daya juang untuk mewujudkan cita-citanya, yang dipersiapkan oleh team ASAK melalui berbagai pendampingan belajar dan trainning-trainning motivasi.

                                                                                                        AYO SEKOLAH AYO KULIAH PAROKI SANTA CLARA
                                                                                                                          BERSAMA MERAIH CITA