Seksi Pendidikan, diresmikan pada saat 10 tahun HUT Paroki Danau Sunter, Gereja St. Yohanes Bosco, pada tanggal 31 Januari 2013. Pada bulan Mei 2013, Seksi Pendidikan memulai gerakan Ayo Sekolah Ayo Kuliah Santo Yohanes Bosco (ASAK Bosco), dan tercatat sebagai paroki ke-23 di KAJ.

Anak santun Ayo Sekolah yang dibantu dari TK sampai dengan tingkat SMA / SMK, dan untuk Ayo Kuliah yang dibantu adalah untuk tingkat diploma dan strata 1. ASAK Bosco membantu uang masuk dan uang sekolah / kuliah anak-anak santun, dan juga beberapa biaya yang relevan dengan pendidikan anak santun jika diperlukan.

Pembinaan santun yang secara khusus dilakukan oleh ASAK Bosco dengan mengikutkan pelatihan yang diadakan bersama di wilayah Timur Bekasi bersama paroki lainnya, dan juga mengirimkan anak-anak santun ke kegiatan seperti retret, dan sebagainya.

ASAK Bosco memprioritaskan untuk mengirim anak-anak santun ke sekolah atau perguruan tinggi yang bekerja sama dengan ASAK, seperti Unika Atma Jaya, KalBis Institue, Kwik Kian Gie School of Business, Asekma Don Bosco, SD – SMA Paskalis, TK – SMA / SMK Lukas Penginjil dan lain-lain. Diharapkan dengan mengirimkan anak-anak santun ke institusi pendidikan yang berkualitas akan memberikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak santun, sehingga nantinya dapat menjadi pribadi yang mandiri.

Untuk dapat menjalankan ASAK dengan mandiri, lancar dan berkelanjutan, ASAK Bosco melakukan:

1.      Penggalangan dana yang dilakukan secara rutin setiap bulan Mei dan November di lingkungan gereja,

2.      Mencari penyantun untuk membantu anak santun yang ada,

3.      Membuka “dropbox” di lingkungan gereja,

4.      Menerima donasi di rekening khusus untuk ASAK Bosco, Bank BCA dengan nomor account 5000 55 6060, atas nama Gereja Santo Yohanes Bosco.

 

Setiap tahun ASAK Bosco membuat laporan atas aktivitas ASAK Bosco, yang berisi jumlah anak santun yang dibantu, dana yang diterima dari penyantun, dari donatur, dan biaya yang dikeluarkan, termasuk biaya yang telah dikeluarkan per anak santun. Dan setiap bulan secara teratur ASAK Bosco melaporkan dana yang diterima dan dikeluarkan di mingguan gereja dan juga situs yang disediakan oleh ASAK KAJ.